Banyak Parpol Dukung Keluarga Jokowi Ikut Pilkada, Pengamat: Fenomena Aneh karena Partai Punya Kader

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA–Partai politik pendukung Presiden Joko Widodo berlomba mendukung wacana keluarga Jokowi yang akan berkontestasi di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Fenomena ini menunjukkan keanehan karena setiap partai pasti punya kader untuk maju di Pilkada.

Pakar Hukum Tata Negara Feri Amsari menilai dukungan parpol terhadap wacana pencalonan anak dan menantu Jokowi hanya kamuflase untuk melindungi kepentingan mereka dengan konsekuensi melanggengkan politik dinasti.

Feri merasa heran karena sejumlah parpol yang memilih mendukung anggota keluarga Presiden Jokowi daripada kader partai.

Apalagi, lanjut Feri, keluarga Jokowi belum lama berkecimpung di dunia politik tetapi yang tidak lazim adalah partai politik justru berbondong-bondong merapat dan memberikan dukungan dengan dalih memiliki pengalaman.

Baca juga: Erina Masuk Penjaringan Calon Bupati Sleman, Pengamat: Kemampuannya Diragukan, Dia Model

Terakhir adalah dukungan PAN, Demokrat, dan Gerindra terhadap menantu Jokowi Erina Gudono, seorang model yang saat ini menjadi istri Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

“Bagi saya itu hanya kamuflase ya. Jokowi sedang membangun politik dinasti, semua pelaku kepentingan merasa nyaman dan ingin melanjutkan dinasti itu,” kata Feri Amsari, seperti dilansir Kompas.com dari program Kompas Petang di Kompas TV, Kamis (14/3/2024).

Feri mengingatkan partai politik segera membenahi tujuan buat konsisten memperjuangkan kepentingan rakyat dan memastikan pemerintah tetap berada dalam jalur yang ditetapkan undang-undang, daripada saling memburu kekuasaan semata.

“Bagi saya ini tabiat harus diubah kalau mau berpikir demokrasi ini diselamatkan, bukan untuk menempatkan keluarga-keluarga terutama keluarga yang memiliki kekuasaan,” ucap Feri.

Saat ini berembus wacana menantu Presiden Jokowi, Erina Gudono, diproyeksikan buat menjadi peserta dalam Pilkada Sleman 2024.

Sedangkan Kaesang juga disebut-sebut bakal diproyeksikan bersaing dalam Pilkada 2024.

Baca Juga  Prakiraan Cuaca Jakarta Minggu 1 Oktober Cerah dengan Suhu Udara Panas, pas untuk Libur Akhir Pekan

Sebelum Pemilu 2024 digelar, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sempat mewacanakan supaya Kaesang masuk dalam bursa Pilkada Depok.

Baca juga: Erina Gudono Dinilai Hanya Bisa Menang dengan Campur Tangan Kekuasaan Istana

Kini berembus kabar Kaesang bakal diarahkan buat bersaing dalam Pilkada Jakarta 2024.

Erina tak layak



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *