Diduga Melanggar Aturan yang Dibuat Ahok, Bawaslu DKI Jakarta Panggil Gibran 2 Januari 2024

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Polemik bagi-bagi susu yang dilakukan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat car free day (CFD) beberapa waktu lalu, berlanjut.

Sesuai rencana, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta akan memanggil putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sehabis tahun baru, atau tepatnya 2 Januari 2024.

Tentu ini suatu pukulan bagi kubu Prabowo-Gibran, bahwa kampanye yang mereka lakukan dianggap melanggar aturan yang ada.

Baca juga: Nelayan Putri Hijau Berikan Dukungan untuk Prabowo-Gibran Menangkan Pilpres 2024

Seperti diketahui, di awal masa kampanye Gibran didampingi sang istri dan tiga politisi PAN membagikan susu saat acara car free daya (CFD) di Bundaran HI.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Benny Sabdo mengatakan, Gibran rencananya dipanggil setelah adanya temuan fakta baru yang diungkap oleh Bawaslu RI.

“Bawaslu Jakarta Pusat melakukan kajian secara mendalam dan komprehensif setelah Bawaslu RI menyampaikan ada dugaan pelanggaran hukum lainnya, lalu ditemukan fakta baru,” ujar Benny saat dikonfirmasi, Sabtu (30/12/2023).

“Nah fakta baru itu akan mengarah meminta keterangan kepada aktor utamanya, termasuk Mas Gibran,” sambungnya.

Baca juga: Gus Miftah Sebut Uang yang Dibagikan bukan Miliknya, TKN: Dia Bukan Anggota Timses Prabowo-Gibran

Namun, Benny enggan membeberkan fakta baru hasil temuan Bawaslu setelah mengkaji dugaan pelanggaran lain dari kegiatan Gibran itu.

Menurut Benny, Bawaslu Jakarta Pusat yang menangani persoalan itu masih menelusuri lebih dalam sebelum melayangkan surat panggilan kepada Gibran.

“Tentu ini kan masih dalam proses pengkajian, ini masuk materi perkara. Tapi yang jelas, di dalam kegiatan itu ada penyelenggara. Nah penyelenggara perlu dimintai keterangan,” ucap Benny.

Terpisah, Komisioner Bawaslu Jakarta Pusat Christian Nelson Pangkey mengonfirmasi bahwa Gibran akan dipanggil pada 2 Januari 2024.

Baca Juga  Jenny Rachman Belum Resmi Cerai dengan Mendiang Suprajarto, Begini Penjelasan Pengadilan Agama

Baca juga: Setelah Periksa Tiga Artis PAN Bagi-bagi Susu saat CFD, Bawaslu Bidik Gibran: Kami tak Pandang Bulu

“Tidak mungkin kami (panggil) saat hari libur. Iya (Selasa, 2 Januari),” ujar pria yang akrab disapa Sonny Pangkey itu.

Menurut Sonny, Bawaslu Jakarta Pusat segera akan melayangkan surat panggilan kepada Gubran untuk meminta klarifikasi soal kegiatan bagi-bagi susu di lokasi CFD Bundaran HI.

“Segera surat pemanggilan kami layangkan,” kata Sonny.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *