DPRD Minta DKI Taruh Perhatian Besar pada Penyandang Disabilitas

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Yuke Yurike mengungkap, masih banyak penyandang disabilitas yang belum mendapatkan bantuan. Para penyandang itu, kata Yuke, terutama yang hidup dengan latar belakang ekonomi rendah atau miskin.

 

“Banyak ditemui masih ada disabilitas yang ekonominya miskin tidak tercover (terlindungi) bantuan,” ujar Yuke pada Kamis (8/2/2024).

 

Menurut Yuke, hal itu terungkap saat dia turun langsung ke masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta Selatan 8 meliputi Kecamatan Tebet, Pancoran, Mampang Prapatan, Pasar Minggu dan Jagakarsa. Meski yang dikeluhkan masyarakat tak sesuai dengan bidang kerjanya di Komisi D DPRD DKI Jakarta, tapi Yuke tetap menampung aspirasi dan mencari solusi atas persoalan itu.

 

“Untuk anak disabilitas berprestasi juga belum diapresiasi sepenuhnya, dan diberikan kesempatan berkiprah lebih dengan support (dukungan) pemerintah,” ucap Bendahara Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta ini.

 

Yuke bercerita, terkadang untuk mengikuti lomba mereka juga harus merogoh koceknya sendiri. Padahal di tengah keterbatasannya, mereka juga memiliki kelebihan untuk mengharumkan nama baik diri sendiri maupun pemerintah.

 

“Potensi remaja dan anak muda disabilitas banyak banget yang bisa kita dorong untuk kesempatan-kesempatan lomba ataupun manggung di luar negeri untuk wawasan tapi terkadang dibatasi,” kata jebolan Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini.

 

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta lewat Dinas Sosial juga rutin memberikan bantuan sosial (bansos) setiap bulan kepada mereka lewat Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ). Sebanyak 20.222 penyandang disabilitas telah mendapatkan bantuan Rp 600.000 tahap keempat untuk periode November-Desember 2023 lalu.

 

Dikutip dari akun Instagram milik Dinas Sosial yakni @dinsosdkijakarta, pemerintah daerah telah menyalurkan 4.709 alat bantu fisik untuk penyandang disabilitas. Rinciannya 1.435 unit alat bantu dengar; 2.808 unit kursi roda untuk dewasa; 176 unit kursi roda anak; 70 unit kaki palsu; 95 unit tongkat walker; 116 unit tongkat kaki tiga dan sembilan unit tongkat netra. (faf)

Baca Juga  انقذوا_الشرق_الليبي link video twitter

Baca Berita WARTAKOTALIVE.COM lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *