Erina Gudono Dinilai Hanya Bisa Menang dengan Campur Tangan Kekuasaan Istana

WARTAKOTALIVE.COM – Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut bisa memenangkan Pilkada Sleman Yogyakarta apabila ada turut campur tangan kekuasaan.

Hal itu diungkapkan Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin seperti dikutip dari Tribunnews.com pada Selasa (11/3/2024).

Menurut Ujang Komarudin agak sulit apabila Erina Gudono memenangkan Pilkada Sleman hanya dengan mengandalkan popularitasnya sendiri.

Ujang menilai Erina Gudono bisa menang dalam Pilkada Sleman 2024 jika didukung oleh Istana.

Dia mengatakan jika Erina benar-benar didukung Istana, maka kemungkinan seluruh instrumen yang dimiliki pemerintah bakal dikerahkan demi kemenangan menantu dari Presiden Jokowi tersebut.

“Ya tergantung didorong kekuasaan atau tidak. Kalau didorong kekuasaan bisa menang.”

“Artinya kekuasaan itu didukung oleh Istana. Kalau Istana mendorong, semua instrumen didorong, ya bisa menang,” kata Ujang.

Ujang menilai dukungan Istana bakal serupa dilakukan seperti saat pencalonan menantu Jokowi lainnya yaitu Bobby Nasution dalam Pilkada Medan dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka ketika bertarung dalam Pilkada Solo dan Pilpres 2024 sebagai cawapres Prabowo Subianto.

“Sama lah dengan Gibran saat jadi Wali Kota Solo, Bobby saat jadi Wali Kota Medan. Kalau ada dorongan kekuasaan, porsi menangnya kan ada,” ujarnya.

“Kalau peluang (menang) kecil, ya kalau tidak didukung kekuasaan. Kalau hanya mengandalkan figuritas sendiri, pribadi, ya susah (Erina menang),” tuturnya.

Diketahui Ketua DPC Gerindra Sleman HR Sukaptana mengatakan, nama menantu Jokowi itu didorong oleh kader internal partai besutan Prabowo Subianto tersebut.

“Semua itu kan ada wacana-wacana, terutama internal dulu yang diajukan lalu memandang yang lain. Nanti kira-kira survei masuk atau tidak,” ujar Sukapta.

Meskipun masih dalam penjajakan, pihaknya juga sudah menyiapkan nama lain.

Baca juga: PSI Merasa Tak Pantas Kaesang Dimajukan di Pilwakot Solo: Beliau Skalanya Nasional

Baca Juga  Aksi Kucing-kucingan Pedagang Asongan di TMII, Pakai Ransel Jajakan Dagangan

Sebagai usulan, nama Erina dan sejumlah calon bakal dibahas dalam mekanisme DPC hingga ke DPD pusat.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *