Gibran Bagikan Susu dan Buku kepada Anak-anak di Jakut, Bawaslu DKI Rekomendasikan ke KPAI

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Benny Sabdo mengatakan bahwa pihaknya akan berikan rekomendasi ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait tindakan Gibran Rakabuming Raka.

Capres nomor urut 2 itu membagikan susu dan buku yang melibatkan anak-anak di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut).

“Lalu di Jakarta Utara itu sudah ada rekomendasi ya itu dari kecamatan melalui Bawaslu kota kepada komisi perlindungan anak kalau keterlibatan anaknya,” kata Benny kepada awak media, Sabtu (16/12/2023).

“Itu memang sudah direkomendasikan setahu kami sudah koordinasi dengan Bawaslu RI itu memang ada laporan di Bawaslu RI,” ujar Benny.

Bawaslu DKI Jakarta juga akan melakuan pemanggilan terhadap beberapa caleg artis dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Pemanggilan itu sebagai buntut ikut serta dalam kegiatan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakanuming Raka bagi-bagi susu di Car Free Day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin pada Minggu (3/12/2023).

Baca juga: Gibran Bagikan Susu di CFD, Bawaslu DKI Bakal Panggil Eko Patrio, Pasha Ungu, Hingga Uya Kuya

“Yang saya dapat up-date mulai ada pemanggilan. Itu, kan selain mas Gibran ada caleg caleg juga,” kata Benny. 

“Dari PAN, itu ada pak Eko, Uya Kuya, kemudian Pasha. Itu sudah mulai dilakukan verifikasi,” ujar Benny.

Sebelumnya Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, berpotensi menabrak aturan dalam kegiatannya membagikan susu.

Pertama, Wali Kota Solo itu membagikan buku dan susu kepada anak-anak saat berkampanye di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara pada Jumat (1/12/2023).

Baca juga: Bawaslu DKI Jakarta Berikan Peringatan kepada APDESI dan Rekomendasikan ke Kemendagri

Kedua, Gibran membagikan susu saat pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Minggu (3/12/2023).

Baca Juga  Resah Wanita Penghibur Sering Hilir Mudik, Udin Bersyukur 35 Bangunan Prostitusi Dibongkar

Saat ini, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta lewat Bawaslu Kota Jakarta Utara dan Bawaslu Kota Jakarta Pusat masih mendalami kasus tersebut.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Benny Sabdo mendorong Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk memasifkan sosialisasi soal larangan kampanye di momen HBKB atau CFD.

Sosialisasi ini perlu digaungkan kembali agar para peserta Pemilu 2024 tidak memanfaatkan CFD sebagai ajang kampanye partai politik.

Baca juga: Bawaslu DKI Pastikan KPU Jaksel Terbukti Langgar Administratif Pemilu



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *