Musim Hujan Tiba, Sudin SDA Jakarta Timur Bangun 85 Saluran Air Baru Antisipasi Banjir

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur telah membangun 85 saluran air baru beserta kelengkapannya untuk antisipasi genangan di tahun 2024.

Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur yakni Tengku Saugi Zikri mengatakan pembangunan di 85 lokasi itu dibagi dalam tujuh tahap, dan telah rampung sepanjang tahun 2023.

Baca juga: Ratusan Pemotor Terperosok dan Mogok Akibat Banjir Setengah Meter di Jalan Gatot Subroto Tangerang

Terkait tahap satu hingga tiga, masing-masing terdapat 12 saluran yang terbangun.

Dilanjut tahap keempat terdapat 14 saluran air, tahap lima ada 17 saluran, tahap keenam ada delapan saluran air, dan tahap ketujuh memiliki 10 saluran air.

“Seluruh saluran air yang dibangun di tahun 2023 ini merupakan tindak lanjut usulan warga melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Karena memang kebutuhan yang sangat mendesak untuk mengatasi masalah genangan saat musim hujan,” ujar Saugi saat dikonfirmasi, Kamis (4/1/2024).

Saugi menuturkan pembangunan saluran air baru tersebut menggunakan beton u-ditch dan box culvert dengan ukuran bervariasi, yakni mulai dari 40 sentimeter (cm) hingga 150 cm.

Baca juga: Kali Mampang Meluap Akibat Hujan Deras, Kawasan Pela Mampang Terendam Banjir Setinggi 1 Meter

“Pembangunan dilakukan secara bertahap sejak 8 Maret 2023 hingga 15 Desember 2023,” lugasnya.

Berdasarkan data, beberapa lokasi pembangunan saluran air baru tersebut meliputi di Jalan Giri Kencana RW 02 Cilangkap sepanjang 669 meter, saluran dibangun menggunakan beton U-ditch ukuran 60×60 cm dengan panjang 644 meter dan box culvert berukuran cm dengan panjang 25 meter.

Lalu pembangunan saluran air memanfaatkan beton U- ditch sepanjang 489 meter di Jalan Lewa RW 10 kelurahan Pekayon.

Baca Juga  FelizJueves viral video tiktok

Selanjutnya pembangunan saluran air dengan panjang 229 meter di Jalan Sukapura Timur 6 Gang Senggol RW 09 Cakung Barat memanfaatkan material beton U Ditch berukuran cm dan box culvert ukuran cm.

“Lalu, saluran air sepanjang 358 meter di Jalan Rorotan IX Gang 4 Cakung Timur, menggunakan U Ditch ukuran 80 sentimeter dan box culvert 80 cm serta sejumlah lokasi lainnya,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Sudin SDA telah melakukan pembangunan konstruksi saluran air dengan metode jacking di Jalan Swadaya Raya kelurahan Pondok Ranggon, Cipayung.

Konstruksi tersebut memiliki panjang mencapai 358,9 meter dengan kedalaman 6,5 meter dan dibagi dalam dua model.

“Saluran ini menggunakan saluran U-ditch ukuran 80x80x120 sentimeter sepanjang 239,2 meter dan saluran jacking sepanjang 119,7 meter,” pungkasnya.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *