Pemkot Tangerang Optimalkan 100 Sumur Dalam untuk Antisipasi Kekeringan dan Kelangkaan Air Bersih

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG – Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Tangerang melakukan monitoring dan optimalisasi sumur.

Monitoring itu dilakukan pada sumur-sumur yang tersebar di kawasan-kawasan pemukiman Kota Tangerang.

Demikian dikatakan oleh Kepala Disperkimtan Kota Tangerang, Sugiharto Achmad Bagdja.

“Disperkimtan Kota Tangerang tengah melakukan monitoring dan optimalisasi sumur dalam yang tersebar di pemukiman masyarakat untuk mengantisipasi dampak kekeringan di Kota Tangerang,” kata Sugiharto Achmad Bagdja, Selasa (10/10/2023).

Sugiharto berujar bahwa pihaknya sedang fokus merencanakan berbagai mekanisme untuk mengantisipasi potensi kekeringan dan kelangkaan ketersediaan air bersih selama musim kemarau panjang di Kota Tangerang. 

Baca juga: Dilanda Kekeringan, Heru Budi Perintahkan PAM Jaya Kirim Air Bersih ke Warga Muara Baru

Baca juga: Wilayah Terdampak Kekeringan di Kabupaten Tangerang Bertambah Jadi 16 Kecamatan

Baca juga: Pengangguran Tinggi, Disnaker Kota Tangerang Fasilitasi Pencari Kerja Kursus Bahasa Asing

Oleh karena itu, Disperkimtan Kota Tangerang terus melakukan giat monitoring dan optimalisasi fungsi sumur dalam untuk menjamin kelancaran produksi air bersih di Kota Tangerang

“Sumur dalam sendiri merupakan sistem pengambilan air tanah melalui sumur atau pompa bor dalam ukuran tertentu,” ujar Sugiharto.

“Biasanya sumur-sumur ini dalamnya lebih dari 70 meter yang mampu memproduksi air bersih dengan debit yang terjamin,” jelas Sugiharto.

Menurut Sugiharto, terdapat sekitar 100 sumur dalam yang pernah dibangun Disperkimtan Kota Tangerang dalam beberapa tahun terakhir.

BERITA VIDEO: NGERI, Hacker Rusia Pembobol Benteng Israel Deklarasi Dukung Hamas, Siapkan Serangan Siber

Berdasarkan hasil monitoring terbaru, hampir kesemua sumur dalam tersebut dalam kondisi baik serta dapat beroperasi secara normal. 

Dengan demikan, seluruh sumur dalam tersebut mampu dimanfaatkan secara maksimal untuk mengantisipasi kelangkaan ketersediaan air bersih di Kota Tangerang.

“Total, terdapat 100 sumur dalam yang dapat beroperasi secara baik dan menjamin ketersediaan air bersih di beberapa wilayah yang rawan terdampak kekeringan, seperti Jatiuwung, Cibodas, dan Periuk,” tutur Sugiharto.

Baca Juga  Bawaslu Serahkan Kasus Fahira Idris ke Polisi, Diduga Kampanye Pakai Kapal Dishub

“Selain itu kami juga telah melakukan langkah-langkah strategis lainnya, seperti melakukan giat serupa di wilayah-wilayah lain, melakukan pembangunan Sambungan Rumah (SR), sampai berkolaborasi dengan Perumda Tirta Benteng untuk penyediaan toren air darurat,” papar Sugiharto.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *