Perayaan Natal Nasional PMTI, Warga Toraja Diingatkan Bernyanyi Daripada Beradu Debat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dari Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (19/1/2024) malam.

Perayaan Natal tersebut berlangsung meriah karena dihadiri oleh sekitar 1.600 an warga Toraja. 

Para peserta Perayaan Natal PMTI ini merupakan perwakilan dari Pulau Kalimantan, Jawa, Papua dan Makassar Sulawesi Selatan, yang umumnya mengenakan pakaian adat dan kostum Toraja.

Ada juga karnaval budaya dari Toraja dengan atraksi tari pa’randing, tapi pa’gellu kreasi modern.

Baca juga: TKN Yakin Debat Cawapres Kedua Gibran Tampil Maksimal dan Ulangi Kesuksesan Debat Sebelumnya

Ketua Panitia, Yoseph Garo Rantetoding mengatakan perayaan Natal ini dihadiri warga Toraja se–Nusantara, termasuk juga ada utusan PMTI dari luar negeri.

“PMTI adalah wadah organisasi diaspora yang menghimpun komunitas asal Toraja di Sulawesi Selatan memiliki anggota di seluruh Indonesia dan luar negeri,” ucapnya, lewat keterangan, Sabtu (20/1/2024). 

Perayaan Natal PMTI dengan Pengkhobah Pdt Dr Christian Tanduklangi MTh ini menampilkan sejumlah artis ibukota antara lain Harvey Malaiholo, Lita Zein dan artis muda berbakat Toraja di Jakarta, Sharon.

Baca juga: Badai dan Randy Pangalila Kolaborasi Garap Album Badai And Randy Pangalila The Greatest Hits Vol 1

“Natal identik dengan menyanyi sukacita memuliakan Tuhan. Karena itu, warga Toraja dan umat Kristen pada umumnya diajak untuk lebih sering bernyanyi daripada beradu debat yang bisa menyebabkan perpecahan bukan perdamaian,” kata Pdt Christian Tanduklangi.

Ketua Umum PMTI Mayjen TNI (Purn) Julius Selvanus Lumbaan mengatakan sesuai semangat awal para sesepuh Toraja yang mendirikan organisasi ini, PMTI adalah wadah perhimpunan masyarakat Toraja tanpa membeda-bedakan warna, agama, partai.

Adapun awalnya, PMTI dibentuk atas kesepakatan semua organisasi Toraja yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2004.

Baca Juga  Bawaslu Jakarta Barat Telusuri Caleg DPR RI Diduga Lakukan PolitikUang di Masa Tenang Kampanye

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *