Sebelum Meninggal, Solihin GP Sempat Dibawa ke Rumah Sakit Tiga Kali Akibat Stroke

WARTAKOTALIVE.COM –  Mantan Gubernur Jawa Barat Solihin Gautama Purwanegara atau Solihin GP sempat enam kali mengalami stroke.

“Almarhum enggak ada penyakit kronis cuma pernah kena stroke enam kali. Terakhir (stroke) sempat lumpuh tapi melalui berbagai upaya pengobatan akhirnya bisa jalan, cuma karena usia harus di kursi roda.” Demikian kata anak ketiga Solihin GP, Satria Kamal saat ditemui di tempat persemayaman jenasah Solihin GP di Markas Komando II Kodam III Siliwangi, Jalan Sumbawa, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024).

Sebelum meninggal dunia di usia 97 tahun, lanjut Satria, Solihin GP sempat tiga kali dilarikan ke rumah sakit di awal-awal tahun 2024.

Solihin GP akhirnya mengembuskan nafas terakhir setelah dirawat 12 hari.

“Sempat tiga kali masuk RS Advent karena dehidrasi. Ditangani hanya dua hari sehat kembali, diberi vitamin cairan yang dibutuhkan tubuhnya segar kembali.”

Baca juga: BREAKING NEWS: Eks Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Akmil Solihin GP Wafat

“Kemudian masuk lagi karena kurang asupan sudah usia malas makan akhirnya drop staminanya. Hanya dua malam saja terus kembali lagi masuk RS 12 hari,” ujar dia.

Dalam 12 hari, lanjut Satria, organ-organ tubuh bagian dalam Solihin GP yang melemah karena faktor usia mulai diserang penyakit. 

“Diawali itu ada gangguan di paru-paru yaitu pneumonia. Ini ditangani ahli paru-paru, diberi antibiotik. Setelah sembuh lari ke jantung ada pembengkakan, ada cairan yang bikin jari tangan dan kaki membengkak.”

“Untuk jantung ditangani ahli jantung, secara medis dinyatakan membaik tapi mungkin karena usia sudah lanjut dan ada obat rutin berpengaruh akhirnya lari ke ginjal.”

Baca juga: Mantan Gubernur Jabar Solihin GP Masuk Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud di Jabar

“Dua kali cuci darah tapi reaksi yang didapat tidak seperti yang diharapkan.”

Baca Juga  Tekan Kasus Diabetes, Forum Warga Kota Jakarta Desak Pengenaan Cukai Minuman Berpemanis

“Segala upaya sudah dilaksanakan akhirnya subuh 02.45 WIB beliau dipanggil Yang Maha Kuasa,” ungkap Satria.

Satria mengatakan, tidak ada pesan atau amanat yang dikatakan Solihin GP di penghujung hayatnya untuk keluarganya. “Karena menjelang akhir hayat beliau sudah enggak bisa berkomunikasi,” tandas dia.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Solihin GP Sempat 6 Kali Stroke dan Dirawat 12 Hari di RS”



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *