Tekan Kasus Diabetes, Forum Warga Kota Jakarta Desak Pengenaan Cukai Minuman Berpemanis

Bisnis27 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Ratusan massa menyatakan dukungannya kepada pemerintah untuk pengenaan cukai minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) pada 2024 mendatang.

Pajak atas minuman berpemanis diyakini bisa menjadi instrumen untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah kematian akibat penyakit diabetes melitus (DM).

Dukungan itu disampaikan melalui aksi unjuk rasa di dekat Patung Kuda Arjuna Widjaya, Jalan Medan Merdeka Barat, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu (18/10/2023).

Mereka terdiri dari organisasi Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) dan Koalisi Pasti yang terdiri dari Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Ketua Fakta Ary Subagio Wibowo mengingatkan pemerintah tentang pentingnya kesehatan bagi masyarakat.

Kata dia, kesehatan adalah hak atas hidup berdasarkan Pasal 28 H ayat (1), dan kesehatan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang begitu pentingnya.

Baca juga: Dipilih Megawati Jadi Cawapres Ganjar, Ini Profil Mahfud MD: Pernah Jadi Rektor & Menteri Gus Dur

“Setelah orasi untuk menyampaian pendapat dari Koalisi Pasti dan warga Jakarta, kami menyerahkan surat dukungan kepada pemerintah beserta petisi online sebanyak kurang lebih 16.000 suara dukungan untuk penerapan cukai MBDK,” kata Ary di lokasi pada Rabu (18/10/2023).

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) pada tahun 2022, penyakit tidak menular (PTM) membunuh 41 juta orang setiap tahun. Jumlah tersebut setara dengan 74 persen angka kematian secara global.

“Setiap tahunnya, terdapat 17 juta orang yang meninggal dikarenakan PTM dan akibat penyakit diabetes 2 juta orang,” ujar Ary.

Menurutnya, salah satu pemicu PTM adalah gaya hidup yang tidak sehat karena kurangnya konsumsi asupan bergizi.

Para penderita juga cenderung mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan seperti gula, garam dan lemak.

Baca Juga  Jaga Komoditas Pangan Nasional, Ganjar Pranowo Ingin Kembalikan Bulog ke Fungsi Awal

Salah satu sumber gula yang berbahaya ketika dikonsumsi berlebihan dan mudah dijangkau adalah MBDK. Produk ini diproses cepat di tubuh menjadi lemak dan cadangan glukosa tubuh.

Baca juga: Diumumkan Jadi Cawapres, Mahfud MD: Bersama Mas Ganjar Siap Teruskan Cita-cita Bung Karno

“Tahun 2024 pengenaan cukai MBDK harus benar-benar diberlakukan jangan hanya janji,” tegas Ary.

Chief Research and Policy CISDI Olivia Herlinda mengatakan, MBDK tidak menyebabkan rasa kenyang sehingga tidak mengurangi asupan makanan lain untuk mengurangi total kalori yang dikonsumsi dari makanan tersebut.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *