Tepis Jadi Kader PSI, Ketua IPW Klaim Lebih Pantas Melatih dan Ajari Kaesang Cara Bela Rakyat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso membantah dirinya adalah kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Meski Sugeng mengakui bahwa dirinya adalah Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Bogor sekaligus caleg DPRD Kota Bogor di Pemilu 2024 ini.

Karenanya Sugeng memastikan bahwa apa yang dilakukannya melaporkan dugaan gratifikasi capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo ke Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) tidak bermuatan politis.

https://www.youtube.com/watch?v=Q_982-mxfGg

“Saya jelaskan ya. Saya itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah PSI Kota Bogor ya. Apakah saya kader PSI? Bukan. Saya bukan kader PSI,” kata Sugeng kepada Kompas.com di akun YouTube Kompas.com, Rabu (6/3/2024).

“Karena saya tidak pernah dikader PSI ya. Jadi ketika saya ditunjuk sebagai Ketua PSI Bogor, saya melihat PSI sebagai partai yang masih kecil waktu itu, memiliki kesamaan platform di dalam hal ideologi. Yakni dalam soal toleransi, kesetaraan, pluralisme dan anti korupsi,” katanya.

Karena kesamaan platform itu menurut Sugeng, PSI mungkin melihat dirinya sebagai orang yang cocok menjadi Ketua DPD PSI Kota Bogor.

Baca juga: Pelaporan Ganjar ke KPK Disebut Bentuk Penggembosan Hak Angket Kecurangan Pemilu 2024

“Saya terima, tapi sebagai kader tidak,” ujarnya.

Sugeng menjelaskan bahwa IPW juga bukan subordinasi dari PSI.

“Kalau dikader kan, saya harus dikader, anak ideologis. Saya gak pernah dikader oleh PSI. Bahkan kalau saya mau bilang, ketika PSI dibentuk, para pimpinan PSI itu mungkin mereka masih remaja. Saya sudah berjibaku di bawah, membela tiga isu itu ya,” ujar dia,

“Jadi ini ya, bahkan kalau sekarang PSI Ketuanya Bro Kaesang, saya bisa kader dia, untuk bisa saya latih bagaimana sesungguhnya membela rakyat,” kata Sugeng.

Sugeng juga mengklaim bahwa dirinya terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bogor dari PSI dalam pemilu kali ini.

Baca Juga  Titani, Wanita Korban KDRT Hingga Kepalanya Bocor Datangi Polres Jaksel, Minta Suami Dihukum Optimal

“Saya terpilih sebagai anggota PSI yang mendapatkan kursi loh ya. Saya terpilih. Jadi saya punya jabatan baru nanti sebagai anggota dewan,” ujarnya.

Baca juga: Ketua PSI Bogor Bantah sebagai Kader Partai, Sesumbar Lebih Layak Kaderisasi dan Latih Kaesang

Karenanya Sugeng mengklarifikasi bahwa dirinya seorang politisi yang berjiwa independen.

“Ini harus saya klarifikasi semuanya ya. Jadi saya ini seorang politisi yang berjiwa independen. Saya tidak akan tunduk pada sikap-sikap partai yang tidak seturut dengan nilai-nilai ideologis yang diperjuangkan. Tapi saya akan nurut, ketika nilai-nilai ideologis itu diwujudkan,” ujarnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *