Apa Arti Nakama di Serial One Piece Jepang?

Tak Berkategori

Losergeek.org, Jakarta – Kata ‘nakama’ bukanlah istilah yang asing bagi para pencinta manga dan anime One Piece. Pasalnya, kata dalam bahasa Jepang ini sering dipakai dan diucapkan oleh karakter dari anime tentang bajak laut tersebut. Kata nakama ini memiliki arti berhubungan dengan hubungan dua orang atau lebih dalam suatu lingkaran pertemanan atau pekerjaan.

Melansir dari Coto Academy, nakama adalah sebuah kata dalam bahasa Jepang yang kerap digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari di anime One Piece. Dalam anime dengan karakter utama Monkey D. Luffy tersebut, nakama dipakai untuk sebutan kru atau anak buah kapal..

Lantas, apa arti nakama di serial One Piece Jepang? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

Arti Nakama

Dalam bahasa Jepang, nakama adalah kata yang memiliki arti teman, rekan satu tim, atau rekan kerja. Nakama memiliki makna tentang hubungan dekat seperti keluarga. Dalam arti jamak, kata itu juga memiliki arti sebagai bagian dari kelompok atau komunitas yang sama.

Setiap individu memiliki batasan yang berbeda-beda untuk menganggap atau memanggil seseorang dengan sebutan nakama. Namun terkadang, nakama dipakai untuk mendeskripsikan orang-orang yang telah melewati kesusahan dan kesulitan bersama. Selain itu, nakama juga dapat dipakai untuk menyebut orang yang tidak disukai dalam satu kelompok.

Melansir dari Japanese Particles Master, kata nakama dalam bahasa Jepang terdiri dari dua karakter kanji utama. Karakter kanji pertama adalah yang berarti ‘hubungan’, ‘persahabatan’, atau ‘teman dekat’. Karakter kanji kedua adalah yang berarti ‘hubungan’, ‘koneksi’ atau semacamnya.

Berdasarkan kedua karakter kanji tersebut, arti kata nakama secara harfiah adalah hubungan. Penafsiran ini tidak sepenuhnya sejalan dengan makna sebenarnya, tetapi masih berkaitan karena rekan kerja adalah salah satu dari banyaknya bentuk hubungan antar manusia.

Selain itu, kata nakama juga lebih mengacu pada kemitraan sementara, seperti rekan kerja atau tim. Beberapa arti lain dari kata ini adalah ‘pendamping’, ‘kawan’, ‘teman kerja’, ‘kelompok’, ‘mitra’, ‘rekan’, ‘lingkaran pertemanan’, dan ‘teman satu pekerjaan’.

Istilah ini juga dapat dipakai untuk merujuk pada seseorang dengan peringkat yang sama. Misalnya dalam manga atau anime One Piece, Luffy kerap menyebut kru kapalnya sebagai nakama. Kata inilah yang merujuk pada orang-orang dari grup, perusahaan, lingkaran pertemanan, atau gang yang sama.

Cara Menggunakan Nakama

Kata nakama ditujukan pada orang-orang yang memiliki tujuan yang sama atau sedang bekerja sama dalam mencapai sesuatu. Kata ini dipilih untuk berkomunikasi dalam kelompok yang belum tentu berteman dekat namun sering bersama karena pekerjaan.

Istilah ini dapat dipakai dalam tiga situasi. Pertama, ketika ada hubungan untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama. Kedua, ditujukan pada seseorang yang memiliki pekerjaan dan status yang sama. Ketiga, untuk mereka yang melakukan hal-hal dengan jenis atau kategori pekerjaan yang sama.

Dalam anime One Piece, terdapat beberapa contoh penggunaan dari kata nakama. Adapun contohnya adalah sebagai berikut:

– (Tsuyoi nakama ga iru nda’)

Artinya:  “Saya memiliki rekan setim yang kuat”

– (I yatsudattara nakama ni shiyou to omotte)

Artinya: “Jika Anda orang baik, saya menjadikan Anda rekan setim saya”

– “” (Haya ~e toko ‘kokai-shi’ o nakaa ni irerubekida na’)

Artinya: “Kita harus menyertakan navigator sebagai bagian dari tim kita”

Istilah Teman dalam Bahasa Jepang

Iklan

Melansir dari The True Japan, terdapat beberapa istilah untuk kata teman yang digunakan dalam bahasa jepang. Berikut daftar istilah-istilah lainnya:

– (tomodachi): Seorang teman

– (tomotachi): Teman dalam jumlah banyak (plural)

– (otoko-tomodachi): Teman laki-laki

– (onna-tomodachi): Teman perempuan

– (nomi-tomodachi): Teman-teman nongkrong

– (asobi-tomodachi): Teman-teman bermain

– (yuujin): Teman (dalam tata bahasa yang lebih sopan)

– (shinyuu): Sahabat

– (shitashii tomodachi): Sahabat

– (daishinyuu): Sahabat terdekat

– (mikata): Rekan kerja, partner, atau pendukung

– (douryou): Teman kantor

– (doukyuusei): Teman sekelas.

RADEN PUTRI

 Pilihan Editor: Viral Mahasiswa Baru UIN Surakarta Diminta Daftar Pinjol, Rektor Sebut Ada Sanksi Tegas



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *