ASEAN Harus Bersatu Hadapi Tantangan Global yang Belum Pulih

Tak Berkategori

Selasa, 8 Agustus 2023 – 14:42 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 ASEAN di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan pada Selasa, 8 Agustus 2023. Menurut dia, ekonomi global belum sepenuhnya pulih sehingga ASEAN harus tetap semangat.

Baca Juga :

Parlemen Thailand Apresiasi Kemajuan Ekonomi Indonesia, Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

“Saya ingin kita meneguhkan kembali semangat dan tekad itu memang tantangan dinamika global saat ini, sangat tidak mudah, ekonomi global belum sepenuhnya pulih, rivalitas makin tajam,” kata Jokowi.

Tetapi, Jokowi meyakini ASEAN mampu melewati berbagai tantangan global yang terjadi saat ini. Syaratnya, kata dia, Negara ASEAN harus bersatu menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

Baca Juga :

Delegasi DPR RI Ajukan Empat Saran Penguatan Peran AIPA

“Saya yakin ASEAN mampu, asalkan ASEAN bersatu. Hari ini, 56 tahun yang lalu ASEAN dibentuk dengan tekad menjadikan Asia Tenggara kawasan damai, stabil dan sejahtera,” ujarnya.

Logo ASEAN

Baca Juga :

Indonesia Bisa Contoh Penggunaan Energi Terbarukan dari Maroko

Menurut dia, ASEAN adalah contoh keberagaman, harmoni saling melengkapi dan menguatkan, perbedaan ada tetapi tidak menjadi halangan untuk mewujudkan tekad dan cita-cita ASEAN.

“ASEAN harus bisa menjadi Epicentrum of Growth yang memberikan manfaat yang lebih bagi rakyat di kawasan dan dunia,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya

Jokowi menyebut ASEAN memiliki aset kuat itu, dimana pertumbuhan ekonomi, bonus demografi, dan kepercayaan ASEAN dengan kesempatan ekonomi terbaik.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *