Eks Karyawan Pinjol Ditangkap Usai Jual 20 Ribu Data Nasabah Bank Lewat Dark Web

Tak Berkategori

Senin, 14 Agustus 2023 – 16:50 WIB

Jakarta – Seorang pria berinisial MRGP ditangkap usai menjual data pribadi nasabah bank melalui dark web. MRGP diketahui merupakan eks karyawan di salah satu situs pinjaman online (pinjol) dan eks operator karyawan judi online di Kamboja.

Baca Juga :

Geger Mahasiswa Baru Diminta Daftar Pinjol saat PBAK UIN Surakarta, OJK Siap Tindak Tegas

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri mengatakan sebanyak 20 ribu data nasabah bank BCA dijual MRGP melalui situs bernama breachforums.is.

“Terkait dengan perbuatan melawan hukum dilakukan tersangka MRGP jadi ada sekitar 20 ribu data yang didapatkan oleh yang bersangkutan, yang kemudian dilakukan penjualan baik data pribadi maupun data finansial di web breachforums.is,” kata Ade dalam konferensi pers, Senin, 14 Agustus 2023.

Baca Juga :

Polisi Ungkap Pemerasan Modus Hack Instagram, Pelaku Minta Bayaran Rp100 Juta

Direskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri dalam konferensi pers.

Direskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri dalam konferensi pers.

Kasus ini berawal dari adanya laporan dari legal Bank BCA pada 28 Juli 2023 yang menemukan postingan di dark web bernama breachforums.is berisi jual beli data kartu kredit nasabah bank BCA. Kemudian dilakukan penyelidikan hingga menemukan seseorang diduga pelaku. 

Baca Juga :

Nobu Bank Gandeng MD Co Berdayakan 10.000 UMKM Ekonomi Kreatif

“Tanggal 8 Agustus 2023 untuk tersangka atas inisial MRGP dilakukan penangkapan di Tebet, Jakarta Selatan,” ucapnya. 

Dari hasil pemeriksaan diketahui MRGP membuat akun atas nama pentagram di dark web breachforums.is. Usai membuat akun, pada 23 Juli 2023, tersangka mem-posting dan menjual data kartu kredit yang merupakan data nasabah bank BCA.

Halaman Selanjutnya

“Setelah postingan pertama viral, tersangka MRGP menurunkan postingan tersebut dan berganti nama menjadi curious,” tuturnya.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *