Melemah Pagi Ini, Rupiah Berpotensi Balik Menguat Terdorong Data Ekonomi AS

Tak Berkategori

Jumat, 11 Agustus 2023 – 09:51 WIB

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Jumat pagi, 11 Agustus 2023. Rupiah melemah sebesar 6 poin atau 0,25 persen ke posisi Rp 15.214 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.208 per dolar AS.

Baca Juga :

Genjot Kinerja Bisnis, Aditama Dekati Konsumen

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.204 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berpeluang menguat pada hari ini. Hal itu seiring dengan respons data inflasi konsumen AS, dan data klaim tunjangan pengangguran mingguan AS yang lebih buruk dari ekspektasi pasar.

Baca Juga :

Citi Indonesia Proyeksi Suku Bunga The Fed Naik November 2023

“Semalam data CPI AS bulan Juli menunjukkan angka 3,2 persen, yang meskipun lebih tinggi dari bulan lalu 3,0 persen tapi masih lebih rendah dari ekspektasi pasar 3,3 persen. Data klaim tunjangan pengangguran mingguan menunjukkan jumlah klaim yang lebih tinggi dari ekspektasi pasar yaitu sebesar 248 ribu dibandingkan ekspektasi 230 ribu,” kata Ariston kepada VIVA Jumat, 11 Agustus 2023.

Ilustrasi uang rupiah

Baca Juga :

Dibuka Lowongan Kerja: Tugasnya Cuma Main Uno, Digaji Fantastis Tiap Minggu

Ariston menilai, dengan melemahnya kedua data penting yang biasanya menjadi faktor pertimbangan Bank Sentral AS dalam mengambil keputusan moneter. Hal itu menyebabkan ekspektasi pasar meningkat bahwa the Fed akan melakukan jeda kenaikan suku bunga di September. 

“Dari survei CME Fedwatch Market Tools, persentase ekspektasi suku bunga akan tetap di rapat bulan September meningkat pasca-rilisnya dua data di atas dari 86 persen menjadi 90 persen,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Source : vstory

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *