Penyumbang Faktor Kematian Terbesar, 14 Ribu Bayi Jalani Imunisasi Rotavirus Cegah Diare

Tak Berkategori

Selasa, 15 Agustus 2023 – 15:49 WIB

JAKARTA – Diare merupakan penyakit yang rentan terjadi pada bayi. Bahkan, berdasarkan catatan kesejatan, diare masih menjadi penyakit yang menyumbang faktor kematian nomor dua terbesar setelah pneumonia pada bayi dan balita.

Baca Juga :

Apa Itu Penyakit ISPA? Sedang Banyak Diidap Anak-anak karena Polusi Udara

Adanya hal ini, ribuan bayi yang berada di Kota Tangerang, secara serentak menjalani proses pemberian imunisasi rotavirus atau RV yang dibuka serentak secara nasional di Posyandu Nirwana, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, pemberian imunisasi ini sangat penting, mengingat dampak yang terjadi akibat dari paparan penyakit tersebut. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Baca Juga :

Setop Mager, Simak Inilah Sederet Penyakit yang Siap Mengintai

“Imunasasi ini mencegah terjadinya diare, karena dampaknya sangat luar biasa. Dimana, diare yang berulang juga dapat menimbulkan masalah tumbuh kembang anak, yaitu masalah stunting, belum lagi dapat menyebabkan kematian,” katanya, Selasa, 15 Agustus 2023.

Ilustrasi pemberian Imunisasi balita

Ilustrasi pemberian Imunisasi balita

Baca Juga :

Polusi Udara Sebabkan Resistensi Antibiotik

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengatakan, terdata sasaran pihaknya sebanyak 14.704 bayi di 13 kecamatan, dengan target pelaksanaan rampung selama satu bulan.

“Imunisasi rotavirus di Kota Tangerang, pada dosis pertama adalah bayi usia dua bulan yang lahir mulai tanggal 16 Mei 2023. Dengan ini, estimasi sasarannya di Kota Tangerang sebanyak 14.704 bayi di 13 kecamatan, dengan target pelaksanaan rampung selama satu bulan,” ujar dr Dini Anggraeni.

Halaman Selanjutnya

Imunisasi RV diberikan secara oral dengan dosis 0,5 ml atau 5 tetes sebanyak 3 dosis pada bayi usia 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan. Yakni, dengan interval minimal empat mingguan antar dosis. Imunisasi rotavirus terakhir diberikan pada bayi usia enam bulan 29 hari.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *